5 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan

Dari awalnya hanya Rp20 ribu per gram hingga saat ini mencapai Rp700rb sekian per gram. Dengan berinvestasi emas seseorang bisa saja mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi dan mendapat keuntungan dari kenaikan harga emas tersebut. Salah satu cara yang juga tepat dan mungkin lebih efektif adalah investasi di reksa dana syariah. Berbeda dengan tabungan haji yang bersifat likuid, berinvestasi di reksa dana syariah memiliki risiko yang lebih tinggi namun juga memiliki potensi return yang lebih tinggi juga.

Maka, pihaknya merancang program ini agar nasabah tak hanya sekedar menyisihkan dananya di tabungan, tapi juga mendapatkan hasil optimum dari investasi. “Persiapan dana darurat bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik menabung secara konvensional seperti tabungan atau emas dan menabung sambil berinvestasi misalnya reksa dana,” ucapnya. “Pluang memiliki misi untuk mempermudah akses produk finansial pada seluruh masyarakat Indonesia dan terus meningkatkan jumlah investor di Indonesia, sehingga lebih banyak orang yang merdeka akan finansial. Keunggulan lain tentang emas, harga emas tetap akan naik dan tidak akan bergantung pada keputusan pemerintah. Seperti apapun keputusan yang dibuat pemerintah, harga emas akan tetap stabil dan terus naik seperti biasa.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Sebaiknya, Moms dapat mengatur perencanaan keuangan sedemikian rupa, untuk menghindari utang yang akhirnya juga melindungi rumah tangga Moms ke depannya. Misalkan, suatu saat Moms atau pasangan mengalami kesulitan dalam penghasilan, maka investasi dapat menjadi dana darurat yang bisa digunakan. Berbicara tentang investasi jangka pendek, Moms harus mengetahui terlebih dulu pengertiannya.

Alhasil, generasi milenial dan generasi Z ditengarai menghadapi risiko finansial lebih besar di masa mendatang akibat gaya pengelolaan keuangan milenial dan gen Z yang kurang sehat. SEMINAR “YUK NABUNG SAHAM” Bersama Financialku.com bertujuan untuk mengenalkan investasi saham kepada masyarakat luas untuk mulai berinvestasi saham. Seperti yang dijelaskan oleh Bursa Efek Indonesia untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia melalui kampanye Yuk Nabung Saham untuk mulai berinvestasi di pasar modal. Tak ada yang dapat memprediksi masa depan, hal apapun bisa aja terjadi. Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak.

Karena investasi deposito tidak memerlukan biaya atau modal yang cukup besar. Tapi jika ingin memilih investasi dengan resiko yang kecil, kita bisa lakukan dengan menabung logam mulia, membuka deposito atau reksadana sesuai dengan modal yang kita miliki. Namun kita harus memastikan investasi yang akan kita lakukan apakah untuk kebutuhan jangka Panjang atau jangka pendek?

Investor ritel membukukan aktivitas transaksi yang besar yakni mencapai forty eight,4% dari total rata-rata nilai transaksi harian sebesar Rp9,2 triliun. Persentase ini melonjak untuk pertama kalinya di atas 40% dalam 5 tahun terakhir dan ini berlanjut di tahun 2021 dimana dominasi investor ritel semakin terlihat dengan porsi mencapai hampir 60% per akhir Mei 2021. Dalam hal peningkatan jumlah investor, hingga akhir Mei 2021 jumlah investor telah mencapai lebih dari 2,4 juta Investor saham dan 5,37 juta investor Pasar Modal. Dengan kata lain, terdapat peningkatan sebesar 42% untuk investor saham dan 38% untuk Investor Pasar Modal dari angka akhir tahun 2020.

Ketika berada di usia muda, setiap orang bisa saja haus akan hiburan. Sayangnya, untuk menikmatinya sering kali menghabiskan banyak dana sehingga pengeluaran pun menjadi tidak terkontrol. Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin, setiap orang bisa menjadi lebih disiplin dalam hal pengelolaan keuangan. Uang yang dimiliki pun tidak akan habis begitu saja dan hasilnya bisa dituai di kemudian hari.

Suker