Anda Sudah Pantas Jadi Pemimpin Jika Punya Pola Pikir Seperti Ini

Mereka bertanggung-jawab atas tindakan-tindakan mereka di masa lalu, mengakui kesalahan mereka dan mengoreksinya. Mereka mengetahui hukum yang berlaku dalam negara mereka, industri mereka dan perusahaan mereka – baik yang tersurat maupun yang tersirat – dan mentaatinya. Mereka bermain untuk menang secara benar , seturut peraturan yang berlaku. ”Berbagai survei dan studi kasus telah mengidentifikasikan integritas atau kejujuran sebagai suatu karakteristik pribadi yang paling dihasrati dalam diri seorang pemimpin. Setip manusia minimal memimpin diri sendiri sebelum bisa memimpin orang lain.

Ada banyak rintangan serta tantangan yang harus mampu diatasi oleh seorang pemimpin. Dengan mempelajari suggestions dan trik seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tentu akan lebih mudah dalam mengupayakan menjadi pemimpin yang baik yang disukai oleh bawahan. Apabila seorang pemimpin memiliki sifat yang tidak peduli terhadap sebuah tren baru, maka nasib perusahaan hanya memiliki dua pilihan, yaitu jalan di tempat atau mengalami kerugian. Untuk bisa mengetahui tren yang terbaru saat ini, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan, yaitu melalui sosial media, sering bertemu relasi, membaca buku, menonton televisi dan lain sebagainya.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Menyadari hal ini, ada baiknya guru juga bisa membantu anak didik untuk berlatih jiwa kepemimpinan mereka. Cara sederhananya, bisa dengan membuat tugas kelompok dan memastikan setiap anggota mempunyai kesempatan sebagai ketua kelompok. Jadi, tidak hanya murid itu-itu saja yang jadi ketua kelompok, tetapi semua bisa belajar jadi pemimpin. Kegiatan ini dijadwalkan mulai tanggal 9 April sampai 17 April 2020, pukul 10.00 WIB sampai selesai dengan dua orang pemateri setiap harinya. Dalam pemaparannya Prio Adi Ramadhani menyampaikan bahwa Pemimpin Terbaik Adalah Pembelajar Terbaik.

Tipe ini adalah tipe yang memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk melakukan tugasnya. Cara yang biasa dilakukan oleh pimpinan liberal ini adalah membuat anggota nyaman, agar tugas yang diberikan kepadanya cepat selesai. Pemimpin dengan tipe kepemimpinan ini cenderung tidak banyak mengintervensi namun tetap mengawasi kerja para anggotanya. Menjadi seorang pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan haruslah dimulai dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Kita dapat melakukan hal yang perlu dahulu, kemudian melakukan hal yang bisa dikerjakan selanjutnnya. Denmgan metode seperti ini, maka kita akan lebih mudah dan terbiasa jika harus menyelesaikan hal-hal yang sifatnya umum dan lebih luas.

Salah satu kiprah organisasi massa Islam itu adalah pesantren Walisongo di Km 9 sebelah selatan kota Poso, yang didirikan oleh Ali Adam, tokoh Muslim Poso yang pernah berkolaborasi dengan Dandim Poso dalam kudeta gagal tahun 1966. Sementara itu, proses marjinalisasi kelas bawah kota Poso terus berlangsung. Anak-anak buruh pelabuhan yang orangtuanya terlibat dalam ormas buruh yang berafiliasi ke SOBSI, jadi korban kebijakan ‘litsus’ di masa kekuasaan Menko Polkam Admiral Sudomo. Walaupun mereka punya ijazah SLTA atau Sarjana, mereka tidak dapat melamar pekerjaan di lingkungan pemerintahan.

Suker