Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Dalam Usaha Digitalisasi Umkm

Namun, disini saya akan menggambarkan makna “takdir” dalam dimensi yang berbeda, bukan kepasrahan atau menyerah, justru sebuah harapan dan optimisme. Dimana saya akan menggambaran kemenangan masyarakat Indonesia, yakni kemenangan dalam mendapatkan kedudukan dan perlakuan yang sama di depan hukum, yang bermuara pada sebuah keadilan yang tidak bisa digantikan dengan nilai mata uang manapun di dunia ini. Oleh karena itu, sebagai perusahaan teknologi yang memiliki pendakatan inklusif, Grab Indonesia pun berkomitmen untuk mendigitalkan komunitas digital paling minim di Indonesia. Grab percaya pada semangat gotong royong, selaras dengan misi GrabForGood untuk memastikan bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang dan kondisi fisik mereka, dapat benar-benar menikmati manfaat ekonomi digital. Ia juga menjelaskan bahwa soal tidak membeda-bedakan kelompok ini juga tercantum dalam sila kelima Pancasila, yakni Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keadilan yang ada dalam bisnis

The original position menunjukkan persamaan kedudukan manusia sebagai moral individu yang dapat merasakan konsep baik dan keadilan, sehingga individu yang rasional tersebut memilih prinsip ini. Konsep the original place kemudian bergabung dengan konsep the vail of ignorance, di mana individu dalam the orginal position tersebut tidak memiliki informasi mengenai generasi dan situasi mana dia berada. Menarik kemudian untuk melihat pengertian keadilan menurut John Rawls, seorang profesor dan pengajar pada beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat seperti Cornell University, MIT, Harvard University.

Hal ini mengingat dalam supremasi hukum tidak sesederhana tersedianya suatu peraturan , namun lebih dari itu adalah perlunya kemampuan menegakkan substansi kaidah . Dalam hal ini Syafran Sofyan menyatakan, “ius sebenarnya tidak sama denganlege, wetataulex. Legemenunjuk pada aturan-aturan hukum yang faktual ditetapkan, tanpa mempersoalkan mutunya, sedangkaniusmenunjuk pada cita-cita hukum yang harus tercermin dalam hukum, yakni sebagai hukum”. Profesi dokter sebagai tulang punggung dalam pelayanan kesehatan adalah satu-satunya profesi yang diberikan kewenangan hukum yang begitu besar dari seseorang, itulah sebabnya seorang dokter harus disumpah.

Semakin banyak karyawan yang diberikan kompensasi yang tinggi, berarti semakin banyak karyawannya yang berprestasi tinggi. Banyaknya karyawan yang berprestasi tinggi, maka akan mengurangi pengeluaran biaya untuk pekerjaan yang tidak perlu. Kompensasi finansial tidak langsung, yang berupa program-program proteksi , bayaran di luar jam kerja dan fasilitas-fasilitas seperti kendaran, ruang kantor dan tempat parkir. Selain itu, untuk mendukung sektor pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM juga mendorong pelaku UMKM untuk bermitra dengan usaha besar.

Dimana imbalan tersebut dapat berupa uang atau barang, baik secara langsung atau tidak langsung. Kompensasi dalam bentuk uang, artinya karyawan akan diberikan sejumlah uang kartal atas pekerjaannya. Sedangkan kompensasi dalam bentuk barang, artinya karyawan akan diberikan barang tertentu atas jasa atau pekerjaannya. Istilah kompensasi juga sangat berhubungan dengan imbalan-imbalan finansial atau biasa disebut monetary reward yang diberikan kepada seseorang atas dasar hubungan kerja. Biasanya kompensasi akan diberikan dalam bentuk finansial atau uang karena pengeluaran moneter yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Suker