Konsep Keadilan Sosial Dalam Negara Hukum Pancasila

Prinsip keadilan komutatif menurut Adam Smith adalah no hurt, yaitu tidak merugikan dan melukai orang lain baik sebagai manusia, anggota keluarga atau anggota masyarakat baik menyangkut pribadinya, miliknya atau reputasinya. Pertama, keadilan tidak hanya menyangkut pemulihan kerugian, tetapi juga menyangkut pencegahan terhadap pelanggaran hak dan kepentingan pihak lain. Kedua, pemerintah dan rakyat sama-sama mempunyai hak sesuai dengan standing sosialnya yang tidak boleh dilanggar oleh kedua belah pihak. Pemerintah wajib menahan diri untuk tidak melanggar hak rakyat dan rakyat sendiri wajib menaati pemerintah selama pemerintah berlaku adil, maka hanya dengan inilah dapat diharapkan akan tercipta dan terjamin suatu tatanan sosial yang harmonis. Ketiga, keadilan berkaitan dengan prinsip ketidakberpihakan , yaitu prinsip perlakuan yang sama didepan hukum bagi setiap anggota masyarakat. Dalam hubungan antara pemerintah dan rakyat, pemerintah tidak diperkenankan ikut campur tangan dalam kehidupan pribadi setiap warga negara tanpa alasan yang jelas, dan campur tangan pemerintah akan dianggap sebagai pelanggaran keadilan.

Dengan kata lain, penerapan dan pelaksanaan prinsip keadilan yang kedua tidak boleh bertentangan dengan prinsip keadilan yang pertama. Dalam tahap ini para pelaku bisnis, haruslah memiliki kesadaran yang telah menjadi tuntutan dalam diri pelaku bisnis. Hal ini dikatakan sebagai tahapan mendasar dan wajib dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di dunia ini. “Isu vaksin mandiri oleh BUMN pernah mencuat di awal program vaksinasi, namun ditepis oleh pemerintah dengan menyampaikan secara terbuka bahwa vaksinasi gratis untuk seluruh rakyat Indonesia.

Serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Papua dan Papua Barat itu sendiri. Selama ini, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, hak-hak dasar masyarakat Papua masih banyak yang diabaikan, seperti air bersih hingga sanitasi. Untuk mengejar pembangunan yang merata dan mencapai kesejahteraan yang diinginkan, lanjut Sri Mulyani Pemerintah pusat memberikan dana otonomi khusus bagi provinsi tersebut sejak 2001. Jika ada cukup orang untuk mendesak perusahaan-perusahaan ini untuk membuat perubahan, mereka bisa membantu menghentikan krisis polusi plastik. Coca-Cola, Nestle, dan PepsiCo mempunyai kekuatan untuk membuat perubahan yang nyata. Untuk mengurangi jejak plastik mereka dan menangani perubahan iklim, mereka harus menghentikan ketergantungan pada kemasan plastik sekali pakai, meninggalkan bahan bakar fosil, dan mendukung peraturan pemerintah yang kuat.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Ini menandakan bahwa keadilan merupakan suatu unsur yang utama untuk mencapai sebuah kebahagiaan umat manusia. Rektor, Prof. Fred Benu menyebut, dalam menciptakan kebebasan tidak bisa terlepas dari keadilan. Sebab, kebebasan bukan sebuah isu yang berdiri sendiri, tetapi juga soal keadilan, seperti yang diperjuangkan tokoh pembebasan Amerika – Marthen Luther King, yang selama masa hidupnya memperjuangkan bukan saja tentang ”freedom” . “Dia tidak berbicara tentang kebebasan sebagai suatu isu yang berdiri sendiri.

Dengan demikian dampak keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja diperiksa oleh lima dimensi, keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional, keadilan temporal dan spasial keadilan. Persepsi karyawan diambil untuk mengevaluasi apakah keadilan berlaku dalam organisasi atau tidak dan selanjutnya apakah keadilan ini mempengaruhi tingkat kepuasan mereka pada pekerjaan. Dalam praktiknya, etika berbisnis dapat saling menguntungkan dalam proses bisnis. Terutama bagi perusahaan yang menjaga hubungan baik dalam jangka panjang dengan konsumen.

Untuk melakukan hal tersebut, pemilik usaha harus bisa melakukan efisien pengeluaran stok sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Apabila menelaah dari pernyataan di atas, persediaan stok memang menjadi masalah tersendiri bagi para pebisnis. Oleh karena itu, setiap bisnis memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan pengelolaan persediaan. Kesalahan dalam mengelola stok bisa membuat bisnis kamu bukannya untung malahan buntung.

Adanya perubuhan terhadap ekspektasi tersebut harus dilihat dalam kerangka hubungan dengan indivudu lain. Maksudnya dengan dengan menaikan masa depan individu yang direpresentasikan pada suatu posisi berarti akan menaikian atau menurunkan masa depan representasi individu dari posisi-posisi lainnya. Oleh karena itu prinsip kedua Rawls, ini harus diterapkan pada bentuk-bentuk institusional dan memiliki pengaturan terhadap tatanan institusional dasar tersebut, guna mengatur distribusi keuntungan terhadap orang yang membutuhkan. Artinya digunakan dengan ukuran pandangan hidup maupun pandangan bernegara kita. Dari pemaknaan Tujuan Bernegara tersebut, maka negara berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup warga negaranya. Sebagaimana dinyatakan oleh Aristoteles bahwa Negara dibentuk untuk menyelenggarakan hidup yang baik bagi semua warganya.

Dapat dipastikan bahwa yang lebih penting dalam hubungan kerja adalah hubungan yang adil dan bukan hanya upah yang adil. Upah memang menjadi unsur dominan dalam hubungan kerja, namun upah hanyalah salah satu unsur hubungan kerja dan para pihak sering melupakan unsur lain dalam hubungan kerja yang perlu diperhatikan. Kalau dilihat dari dua belah pihak, besaran upah tidak bisa menjadi tolok ukur suatu keadilan. Nominal upah yang besar dianggap adil bagi pekerja tetapi menjadi beban bagi pengusaha, sementara nominal upah yang kecil dianggap adil oleh pengusaha tetapi siksaan bagi pekerja. Model Bisnis berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan umat manusia.

Suker