Layanan Kesehatan Dan Ancaman Keadilan Sosial

Tetapi tidak dalam bentuk secara cash, melainkan perusahaan memberikannya melalui pihak ketiga. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi motivasi yang baik untuk para karyawan agar mau bekerja lebih keras lagi untuk kemajuan perusahaan. Kompensasi yang diterima dapat berupa uang, barang, secara langsung maupun tidak langsung.

Kalau misalnya waktu pemasaran dirasa kurang tepat, lebih baik barang tersebut disimpan lebih dahulu. Fungsi kind utility membuat bisnis bertujuan untuk menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tulisan ini fokus pada sikap manusia yang telah memonopli konsep dosa dan pahala.

Untuk memonitoring hal tersebut Anda dapat menggunakan software akuntansi Harmony. Harmony dapat membantu Anda dalam proses menerapakan etika berbisnis tentunya dalam hal keuangan dan memonitor konsumen Anda dalam jangka panjang, Anda juga dapat memonitor kesehatan keuangan perusahaan Anda. Kejujuran merupakan nilai yang paling dasar untuk mendukung keberhasilan kinerja perusahaan. Tanpa kejujuran, bisnis tidak akan bertahan lama, karena kejujuran adalah kunci utama dalam kesuksesan bisnis. Prinsip ini harus diterapkan dalam segala kegiatan bisnis misalnya saat melaksanakan kontrak terhadap pihak ketiga maupun karyawan, jujur terhadap konsumen, jujur salam kerja sama, dan lain sebagainya. Prinsip otonomi mengharuskan pelaku bisnis mengambil keputusan dengan tepat dan baik, serta mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.

Ini artinya, produk impor dari market place mengikuti kaidan produk impor pada umumnya. “Ini untuk kesetaraan bisnis, produk impor boleh berdagang di marketplace tapi harus ada kaidah impor yang berkeadilan,” kata dia. Putusan hakim semestinya tidak menimbulkan konflik baru bagi para pihak berperkara dan masyarakat.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Bisa ditarik kesimpulan bahwa keadilan tidak berarti terpenuhinya tuntutan dari para pihak tetapi lebih pada sikap memberi dari para pihak demi kelangsungan dan kemajuan perusahaan. Adil tidak hanya menuntut hak, karena itu sangat egois, tetapi adil bila para pihak rela memberikan apa yang menjadi kewajibannya. Adil itu bukan sikap menuntut tetapi sikap memberi; pengusaha memberikan upah dan kesejahteraan lainnya, pekerja memberi kinerja dan loyalitas optimalnya. Memberi berarti membangun keadilan dan kesejahteraan dalam hubungan kerja; menuntut atau sebaliknya menahan hak pekerja akan merusak keadilan hubungan kerja. Kesepakatan dalam hubungan kerja dengan segala rincian hak dan kewajiban para pihak menjadi pagar untuk membangun hubungan kerja yang adil. Pengusaha akan lebih maju dan pekerja akan lebih sejahtera bila ada sikap murah hati yang melebihi tuntutan keadilan.

Dalam kenyataannya hal tersebut sulit dijumpai adanya kedudukan posisi tawar yang benar-benar seimbang atau sejajar. Pihak yang memiliki posisi tawar yang lebih tinggi seringkali memaksakan kehendaknya. Dengan posisi yang demikian itu, ia dapat mendikte pihak lainnya untuk mengikuti kehendaknya dalam perumusan isi perjanjian. Dalam keadaan demikian, pemerintah atau negara seringkali melakukan intervensi atau pembatasan kebebasan berkontrak dengan tujuan untuk melindungi pihak yang lemah. Pembatasan tersebut dapat dilakukan melalui peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan.

Dengan demikian putusan hakim di peradilan perdata yang best haruslah memenuhi ketiga asas tersebut. Akan tetapi dalam setiap putusan hakim terkadang ada penekanan-penekanan tertentu terhadap salah satu aspek yang dominan. Hal tersebut bukan berati putusan tersebut telah mengabaikan asas-asas terkait lainnya.

Suker