Pentingnya Generasi Milenial Nabung Dana Darurat Sejak Dini

Seorang karyawan yang memesan layanan transportasi on-line untuk berangkat bekerja. Melalui serangkaian inisiatif dan dukungan pelaku pasar dan OJK, produk ETF telah mengalami perkembangan yang pesat hingga tahun 2021 ini. Sejak tahun 2011, jumlah produk ETF yang terdapat di BEI terus mengalami peningkatan dan hingga awal Juni 2021 telah terdapat 47 ETF yang terdapat pada BEI. Kemudian, jika dilihat dari jumlah kepemilikan investor, tahun 2020 menjadi tahun kebangkitan investor domestik, terutama investor ritel.

Dengan begitu, inisiatif untuk menabung perlu tertanam dalam benak mereka. Lebih lanjut Abdi juga memberikan materi berkenaan dengan literasi keuangan yang menjelaskan bagaimana cara mengelola keuangan, merencanakan keuangan, menabung, dan berinvestasi. Pergi berlibur merupakan sebuah kebutuhan untuk sekedar melepas penat dan menenangkan pikiran sejenak dari padatnya jadwal pekerjaan. Untuk mewujudkan momen bahagia ini, tentunya Anda perlu mempersiapkan dana yang tidak sedikit, terlebih jika liburan dilakukan bersama keluarga kecil Anda.

Hal itulah yang menjadi alasan orang semakin rajin menabung dan investasi untuk masa depan. Pemahaman yang lebih tinggi bisa dilakukan saat anak sudah SMA atau Kuliah dengan mengenalkan produk investasi yang lebih beragam dengan untung ruginya, misalnya bisa berupa reksadana, logam mulia, saham dan lainnya. Nah, biasanya saat itu akan timbul godaan manusiawi bagi anak untuk belanja gaya remaja, sehingga akan mengurangi uang jajan. Di sinilah perlunya memberikan pemahaman keuntungan dan kerugian pengelolaan arus kas, serta menjaga agar disiplin menabung tetap terjaga. Pengetahuan ini harus terus dipupuk dan jangan bosan mengulangnya untuk setiap momen. Misalnya jika anak dapat hadiah uang ketika ulang tahun atau ketika hari raya, maka orang tua dapat mengarahkanya untuk ditabung.

Selain memiliki volume yang lebih kecil dari uang tunai, bentuk emas juga dapat diubah tanpa mempengaruhi nilai emas itu sendiri. “Saya memang sudah memikirkan masa depan saya sedari dini, namun saya pun harus menyeimbangkannya dengan kepuasan pribadi saya sendiri. Makanya, saya rutin menabung di beberapa kelas aset salah satunya yang terdapat di Pluang. Pluang menawarkan diversifikasi aset yang beragam dan berlisensi, sehingga saya yakin tabungan masa depan saya dan tabungan bagi finances touring saya akan tetap aman dalam berbagai situasi,” ujar Hamish. artinya instrumen investasi tersebut dapat dijadikan sebagai pelindung nilai yang mengikuti inflasi dan gejolak ekonomi yang tidak menentu.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Tahukah Anda bahwa generasi milenial identik dengan sandwich technology yang diasumsikan harus menghidupi orang tua dan keturunannya kelak? Jadi, disini kamu tahu bahwa investasi memiliki manfaat yang jelas berbeda dengan menabung, dan siap untuk segera mulai berinvestasi. Menurutnya, ada three hal agar keuangan tetap sehat, yaitu; pertama, biasakan catat pengeluaran. Kedua, alokasikan uang untuk menabung (minimal 10% dari penghasilan bulanan), cicilan (maksimal 30% dari penghasilan bulanan), pengeluaran rutin, pribadi/lifestyle (maksimal 20% dari penghasilan bulanan) dan sosial.

Investor Ajaib diharapkan untuk dapat memahami risiko sebelum berinvestasi. Sebagai first jobber, Anda punya tanggung jawab baru–bukan hanya bekerja demi meniti karier, tapi juga mengelola gaji. Jika tadinya Anda sudah terbiasa menabung, kini saatnya Anda mulai melirik alternatif pengelolaan keuangan lain, yakni investasi. Awalnya mungkin Anda hanya mengenal investasi sebagai cara mengelola uang untuk orang-orang berpendapatan tinggi. Perlu diketahui, uang tunai yang disimpan di financial institution atau brankas sebenarnya menyusut nilainya dari tahun ke tahun karena inflasi. Ini berarti jika tabungan tidak ditingkatkan, maka tandanya nilai uang Bunda sedang menurun.

Dan juga sebuah uji kompetensi diakhir stage, yang dapat membuktikan jika Anda pantas menjadi seorang trader yang berkompeten dan profesional. Tentunya dengan berinvestasi bisa mensejahterakan finansial kita dengan maksimal. Apalagi untuk karyawan yang sulit untuk mendapatkan tambahan penghasilan karena keterbatasan waktu. Sebagai seorang karyawan yang sudah memiliki penghasilannya sendiri, kita harus bisa mengatur dan mengelola keuangan kita. Kita bisa mengelola keuangan dengan membuat daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Suker