Pentingnya Investasi Sejak Dini

Kita cenderung lebih suka melakukan hal yang bisa dilakukan sekarang, seperti mengeluarkan uang daripada harus membantu orang asing yang sebenarnya adalah kamu untuk dua atau tiga dekade yang akan datang. Avni Shah, asisten profesor marketing di University of Toronto Scarborough menambahkan bahwa semakin banyak uang yang dikeluarkan semakin bertambah keinginan untuk membeli hal yang lain. Entah karena bosan atau karena hal yang lain, individu selalu punya alasan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang belum tentu dibutuhkan. Hal ini dianggap sebagai salah satu problematika dalam berbelanja yang membuat individu kecanduan untuk mengeluarkan uang. Selain itu, siapapun yang pernah membeli smartphone terbaru paham bahwa menghabiskan uang memberikan perasaan menyenangkan. Hal ini dipicu oleh hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa bahagia dan kesenangan diri menemukan sesuatu yang diinginkan.

UKMF yang berdiri sejak 2003 ini telah menjadi wadah pembelajaran untuk mahasiswa FEB UNPAD yang ingin terjun langsung dalam dunia investasi di pasar modal. Mengenal dan bergelut dalam investasi saham tak melulu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah mapan. Sebelum teknologi digital berkembang seperti sekarang, investasi masih dilakukan dengan cara yang tradisional. Ia pun mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan ini, karena ia memiliki misi yang sama dengan Pluang, yakni berinvestasi itu harus disesuaikan dengan profil risiko masing-masing orang.

Banyaknya penghasilan yang diterima setiap bulannya di usia produktif cenderung membuat kita menjadi orang yang boros dan konsumtif. Dengan memperbanyak investasi dan tabungan, maka uang Anda tidak akan habis untuk hal yang sia-sia. Meski dapat disimpulkan bahwa investasi adalah pilihan yang pas untuk perencanaan masa depan, tapi hal ini tidak mengurangi pentingnya memiliki tabungan. Pasalnya, kita tak pernah tahu jika tiba-tiba butuh dana untuk keperluan darurat. Sementara untuk jangka panjang dan menengah, investasi jelas dianjurkan mengingat banyaknya hal tak terduga dalam hidup yang bisa terjadi. Anda dapat menentukan besaran jumlah dana yang akan Anda jadikan deposito berjangka serta jangka waktu deposito yang juga dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Menurut Sunariyah investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan unstuck mendapatkan keuntungan di masa depan. Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang . Dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan bentuk penyimpananan modal yang dapat berupa uang maupun barang yang mana nilainya akan bertambah dikemudian hari. Negara Indonesia sendiri memiliki kesenjangan ekonomi yang terbilang cukup tinggi, menyebabkan pertumbuhan ekonomi tidak dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan banyak masyarakat kelas menengah hanya menabung saja dan tidak melakukan menyalurkan uangnya di beberapa instrumen investasi lainnya. Sedangkan, masyarakat kelas atas sudah mulai mengembangkan dana di instrumen investasi lain yang dapat menjanjikan imbal hasil lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung.

Investasi satu ini sangat cocok untuk kamu yang mamu memulai dengan cara yang mudah tanpa harus memikirkan strategi investasi yang rumit. Berinvestasi di usia muda masih merupakan hal yang tabu untuk di bahas, di karenakan kurangnya pemahaman serta kesadaran akan pentingnya menabung dan berinvestasi sejak dini. Banyak masyarakat beranggapan bahwa berinvestasi dilakukan pada saat kita sudah mapan atau pada saat kita sudah menginjak usia tua, kenyataanya jenis investasi saat ini dapat dimulai di usia muda. Jika ingin mempersiapkan dana pendidikan anak, Anda bisa melakukan investasi yang lebih agresif, seperti saham yang dibarengi dengan emas ataupun reksadana. Bahkan, jika ingin menyiapkan uang untuk berlibur, Anda bisa memilih produk investasi berbentuk deposito ataupun obligasi. Inflasi atau kenaikan harga barang atau jasa akan membuat nilai uang yang bisa Anda gunakan berkurang dari waktu ke waktu.

“Bank OCBC NISP menjadi financial institution pertama di Indonesia yang menghadirkan produk reksadana berjangka dengan pembelian harian dan mingguan. Ini dapat dengan mudah diakses oleh nasabah di One Mobile, yakni aplikasi cell banking dari Bank OCBC NISP,” paparnya. Setiap orang pasti membutuhkan uang untuk hidup, bagaimana tidak, agar anda bisa melakukan segala sesuatu, pasti harus bayar dengan uang. Contoh sederhananya saja, supaya anda bisa hidup di suatu negara saja anda harus membayar pajak, kan? Ya, jadi uang memang memegang peranan yang amat penting dalam hidup saat ini. Bahkan bank-bank pun sudah memberikan fasilitas tabungan bagi semua kalangan agar kebiasaan menabung sudah dimulai sejak dini.

Sebagai kaum milenial, perlu ditekankan bahwa investasi ini kamu lakukan untuk diri kamu sendiri, dan bukan untuk orang lain. Jadi, jangan lakukan investasi hanya karena kamu ingin mengikuti tren. Dalam berinvestasi, kamu harus selalu fokus dan cermat sehingga terhindar dari kerugian dan hasil investasi ini akan berbuah manis dikemudian hari. Kaum milenial merupakan generasi penerus bangsa yang akan membangun Indonesia pada waktunya. Dengan melakukan investasi sejak dini, kamu akan membantu Negara menekan persentase inflasi. Inflasi merupakan kondisi meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Ajak anak-anak untuk menabungkan terlebih dulu uang saku yang ia dapatkan, dan baru menyisakan untuk jajan. Memperkenalkan anak pada bank beserta produk-produknya juga menjadi langkah yang baik. Namun perlu diperhatikan, jangan hanya mengenalkan investasi atau tabungan di bank, yang kelak malah bisa membuat anak takut berinvestasi di tempat lain di luar bank. “Dalam 20 tahun terakhir, IHSG mampu menawarkan return di atas 18% per tahun. Contohnya, jika kita menaruh modal di investasi saham 20 tahun lalu senilai Rp1 juta, perkiraan imbal hasil berikut modal yang diperoleh setelah 20 tahun sebesar Rp4,6 juta. Artinya, modal kita bertumbuh menjadi hampir 5 kali lipat,” jelas Thomas.

Seperti berhutang ke bank, padahal berhutang ke bank bunganya cukup tinggi dan prosesnya pun sulit untuk pengajuan ataupun pembayarannya. Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas. Karena, dengan memiliki tabungan kamu sudah memiliki dana yang bisa digunakan saat ada keadaan darurat tanpa harus mencari dana apalagi berhutang. JawaPos.com – Dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun rumah tangga merupakan aspek yang penting.

Anda juga memungkinkan untuk investasi properti di luar negeri melalui agen properti Ray White. yang lebih menarik karena diversifikasinya yang menekankan pada stabilitas modal. Anda bisa menghitung keuntungan rumah Anda dengan mengurangi harga terbaru dikurangi harga pembelian dikali one hundred persen.

Suker