Pentingnya Perencanaan Keuangan

Gadget atau perangkat elektronik tetap memiliki peran penting untuk perkembangan anak. Dana ini sebaiknya dialokasikan secara terpisah dari tabungan sehari-hari. Porsinya beragam, tergantung besarnya pemasukan dan pengeluaran, namun umumnya minimal 10 persen per bulan dan besarannya minimal enam bulan dari pengeluaran bulanan. Kemudian ketika akhirnya mendapatkan penghasilan, apa yang dulu cukup tidak membuat bertahan karena Anda memiliki semua pembayaran hutang baru yang harus dilakukan setiap bulan. Di saat-saat baik, semua orang berpikir bahwa pekerjaan mereka aman, tetapi di saat-saat buruk, banyak yang mulai menyadari bahwa hal-hal buruk dapat menimpa siapa saja. Anda bisa tiba-tiba kehilangan pekerjaan, bisnis, atau mungkin terluka secara fisik atau psikologis.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Keuntungan tersebut kita dapatkan dari besarnya bunga yang didapatkan dari investasi tersebut. Contohnya jika kita berinvesasi deposito, modal yang kita depositokan dalam beberapa tahunnya akan bertambah sesuai dengan besarnya bunga yang diberikan oleh pihak financial institution. Sebanyak three dari 10 milenial di Asia terancam kekurangan uang di masa pensiun dan 4 dari 10 masih akan terbebani utang KPR sampai masa pensiun. Itulah hasil studi sebuah perusahaan asuransi seperti dikutipTirto,Februari 2017. Bila Anda saat ini termasuk generasi Z berusia kepala dua, Anda masih memiliki waktu setidaknya 30 tahun untuk mencapai masa pensiun.

Selain itu Anda juga harus menerima fakta bahwa sebuah investasi jangka panjang bisa saja terus merugi selama beberapa tahun pertama. Karena itulah, perlu analisis yang cukup mendalam sebelum memutuskan untuk mengambil jenis investasi ini. Setidaknya ada 2 ciri yang membuat sebuah instrumen investasi bisa disebut sebagai investasi jangka pendek. Kedua, instrumen investasi tersebut harus sangat likuid dan mudah dijual kembali. Tujuan keuangan disini adalah plan atau perencanaan yang kita buat kedepannya. Seperti kita membutuhkan dana untuk sekolah anak saat besar nanti, rencana pernikahan, membeli rumah atau dana pensiun untuk hari tua.

Salah satunya seperti kondisi pandemi Covid-19 yang telah memicu krisis finansial dan banyak aktivitas bisnis yang terhenti. Jika mengandalkan kartu kredit untuk membiayai gaya hidup, hentikan kebiasaan kredit mahal dengan menabung sebelumnya untuk pembelian Anda. Dengan tabungan, Anda dapat membeli barang-barang saat obral dan meluangkan waktu untuk membuat pilihan pengeluaran yang lebih baik.

“Kita harus punya tujuan dulu. Ibarat masuk tol, kalau tidak punya tujuan akan tersesat. Setelah tahu tujuannya maka sisihkan penghasilan tersebut secara disiplin setiap bulan,” tukasnya. Melihat kondisi tersebut, PT Bank Yudha Bhakti Tbk mengambil langkah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat lewat seminar online pada 25 Juni 2020. Seminar online ini mengusung tajuk ‘7 Hal Mengapa Harus Menabung dan Berinvestasi Secepatnya’.

Bahkan diketahui harga emas telah meningkat sebanyak 18% pada Januari 2016 hingga Agustus 2016. Emas sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang karena harganya ditentukan oleh nilai dari emas itu sendiri dan harga pasar internasional. Demi mendukung program tersebut, Pluang bekerja sama dengan Hamish dan Chelsea dalam berbagai kegiatan literasi finansial, salah satunya dengan mengadakan sesi belajar keuangan secara on-line.

Suker