Sambutan Presiden Joko Widodo Pada Pencanangan Gerakan “ayo Menabung” Dalam Rangka Peringatan Hari Menabung Sedunia Tahun 2016, 31 Oktober 2016, Di Jhcc, Jakarta

Investasi adalah sebuah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan kegiatan yang menganggarkan uang kita untuk keuntungan dimasa depan. Contoh kita investasikan uang kita di bank, nantinya ketika financial institution mendapat keuntungan kita akan mendapatkan bagian dari keuntungannya. BPR Gunung Rizki menyediakan beragam jenis produk Kredit untuk menunjukkan komitmen BPR Gunung Rizki dalam mendukung segala jenis kebutuhan dan usaha Anda. Bahayanya, hal ini tidak hanya membuat kita jadi susah menabung, bahkan bisa menjebak kita dalam utang, kondisi keuangan jadi makin berat di masa depan. Tidak cuma melatih karakter lewat kesabaran, menabung akan membuat kamu lebih disiplin.

Eits, jurnal dan laporan Prakerin adalah dua hal yang berbeda, gaes. Begitu pula hubungannya antara kamu sebagai siswa SMK dengan DU/DI. Lulusan SMK butuh lapangan kerja untuk mewujudkan cita-citanya, dan DU/DI butuh tenaga kerja agar kegiatan perusahaan terus berjalan.

Agar memudahkan pengelolaan kebutuhan masa depan Anda, coba Anda gunakan jangka waktu untuk mematok usia tabungan Anda. Berikut ini alasan pentingnya menabung dan berinvestasi sejak dini, dilansir dari Tabloid Bintang. Selain Syifa, kisah gemar menabung lainnya datang dari bocah berusia empat tahun. Dengan lugunya, bocah yang masih sekolah di Taman Kanak-Kanak Kuntum Mawar, Pamulang, Tangerang Selatan itu dengan jujur berniat membeli mobil apabila kelak uangnya sudah cukup. Kalau pas tidak lapar, karena bawa bekal dari rumah, saya bisa sisihkan Rp10.000,” ucap Syifa kepada Akurat.co selepas pulang sekolah, beberapa waktu lalu. “Kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai literasi keuangan merupakan kesempatan bagi anak-anak muda untuk keluar dari lingkaran kemiskinan” tutup Didiek Eko Yuana.

Tentunya karena kamu baru memulai, pilihlah instrumen yang nggak membutuhkan modal besar. Dilihat dari jangka panjangnya, tabungan biasanya hanya untuk jangka pendek, yaitu kurang dari 1 tahun. Meskipun jangka waktunya lebih pendek, tapi tabungan memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan investasi, asalkan kamu menyimpan tabunganmu di tempat yang aman dan terpercaya. Kebanyakan orang tidak sadar telah menghabiskan uang dan terheran karena tidak tahu kemana uang mereka dihabiskan. Dari catatan tersebut akan terlihat, bahwa ada saja sesuatu yang kita belanjakan padahal belanja tersebut tidaklah begitu dibutuhkan, misalnya secangkir kopi.

Kebiasaan laki-laki dalam berinvestasi pada barang-barang bernilai tinggi membuat laki-laki memiliki aset yang lebih banyak dari perempuan. Hal itu selaras dengan hasil Survei dari SOFIA yang menunjukkan bahwa kepemilikan aset laki-laki jauh lebih tinggi dibandingkan aset yang dimiliki perempuan. Umumnya, perempuan memang dianggap sebagai pengelola keuangan yang baik. Survey on Financial Inclusial and Access hasil inisiasi antara Indonesia, Australia dan Swiss mengungkapkan bahwa perempuan dianggap lebih andal dalam mengelola keuangan. SOFIA bahkan merekomendasikan lembaga keuangan dapat lebih melibatkan banyak peran perempuan di lembaga tersebut. Sedangkan untuk biaya kos, ia harus merogoh kantong hingga Rp600 ribu setiap bulannya.

Menabung untuk masa depan yang lebih baik

Begitu juga ketika seseorang mencoba untuk menantang diri sendiri untuk menabung. Hal tersebut akan bermanfaat untuk mengendalikan dan menciptakan kebiasaan disiplin menabung. Agar tidak bingung, Anda juga perlu mengatur jam berapa Anda akan mengecek dompet Anda untuk menabung.

Dengan begini, uang tidak hanya mengendap saja di tabungan, namun juga bisa diputar menjadi lebih banyak lagi jumlahnya. Bukan hanya tabungan jangka panjang yang kamu perlukan, tetapi tabungan jangka pendek juga wajib kamu miliki. Tabungan jangka pendek bermanfaat untuk membeli beberapa perlengkapan kamu dalam waktu dekat. Kamu bisa memberikan beberapa planning untuk tabungan jangka pendek ini. Tabungan untuk dana cicilan dibutuhkan untuk membayarkan semua kewajibanmu. Masalanya jika uang tersebut nggak dipisah, maka bisa mengganggu siklus keuanganmu.

Suker